Cara menghapus virus di hp dengan mudah dan praktis

Cara menghapus virus di hp

Assalamualaikum wr.wb.

Cara menghapus virus di hp – virus merupakan program yang sangat merugikan bagi kita, terutama para pengguna Android. Kita mungkin dulunya masih mengira kalau virus Cuma ada di pc, tapi kenyataannya tidak begitu, sekarang virus justru sangat banyak menyerang Android.

Karena itulah saya membuat artikel mengenai cara menghapus virus di hp kalian sehingga kalian bisa menghapus virus dalam Android kalian.

Sebelumnya, apa kalian tau apa itu virus? Belum tau? Baca dulu tulisan di bawah ini.

Apa itu virus? 


Menurut data yang saya kumpulkan, saya sudah menyimpulkan mengenai pengertian virus. Virus yaitu sebuah mikroba atau bad script yang menjangkit sebuah perangkat baik itu komputer maupun smartphone (seperti Android). Karena kita membahas mengenai Android maka virus yang dimaksud yaitu virus yang mengancam sistem Android.

.....virus lebih banyak menyerang Android daripada iphone.....

Kenapa hal tersebut terjadi? Mungkin ada satu kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya.

Kita tau sendiri kalau pengguna Android sangat banyak, bahkan melebihi jumlah dari sistem operasi lainnya seperti ios, Microsoft, sembilan, dan lainnya.

Lihat grafik dibawah ini

Grafik pengguna smartphone

Kalian fokus Pada bagian diagram batang tersebut. Jika kita melihat secara seksama, kita akan mengetahui kalau jumlah pengguna Android mencapai 5 kali lipat dari pada sistem operasi yang lainnya.

Hal itulah yang membuat para pembuat virus memilih ditujukan kepada Android daripada iphone.

Selain itu, Android juga bersifat terbuka (sistem operasi terbuka) sehingga memungkinkan virus sangat mudah masuk ke sistem operasi Android.

.....perkembangan virus lebih parah daripada perkembangan Android sendiri.....

Gak percaya? Liat aja dibawah.

Perkembangan virus Android di dunia 


Virus merupakan salah satu jenis malware yang tergolong berbahaya. Perkembangan dari virus sendiri memiliki pertumbuhan yang sangat pesat.
Lihat grafik dibawah.
Perkembangan virus

Berdasarkan grafik tersebut, total virus di dunia pada tahun 2015 meningkat pesat hingga 2 kali lipat dari jumlah total virus pada 3 tahun terakhir. Selain itu, dalam 4 tahun tersebut sudah ada lebih dari 9,5 juta virus didunia.

Coba bayangkan... Pada tahun 2015 saja sudah segitu banyak, apalagi di tahun 2018... Mungkin sudah berkali-kali lipat lebih banyak dari data diatas.

Lihat juga grafik dibawah ini.
Jenis virus

Terlihat jelas bahwa virus yang terbanyak menyerang Android yaitu virus promosi berbahaya. Sudah lebih dari 55% (sebanyak lebih dari 800.000) Android yang di rugikan karena virus ini. Diurutan kedua, diduduki oleh virus yang menyerang pembayaran Mobile (lebih dari 300.000) pengguna Android.

Tentunya dalam data tersebut belum semuanya disebutkan, namun kita bisa menyimpulkan sendiri kalau total virus yang ada lebih dari perkiraan kita.

......Ada satu hal yang membuat saya terkejut yaitu pada Rangking total virus di dunia.....

Kalian lihat lagi pada grafik dibawah ini.
Negara dengan jumlah virus terbanyak

Sangat miris sekali bukan? Ternyata negara tercinta kita berada di urutan ketiga dalam hal total virus di dunia. Selain itu, berdasarkan data yang saya ambil dari situs bnn Indonesia, ada sekitar 60 aplikasi yang Terinfeksi Virus beredar di playstore.

.....Playstore aja kecolongan, apalagi Market lain.....

Itu merupakan sekilas mengenai perkembangan virus. Pengen tau penyebab virus masuk ke Android? Baca terus artikel ini.

Penyebab hp terserang virus 


Ada beberapa penyebab hp kalian mudah terserang virus, diantaranya yaitu :

1. Hp sudah diroot

Hal ini sudah menjadi hal yang banyak diketahui orang. Jika Android sudah diroot, maka semua keamanan Android akan hilang. Namun jika kalian sudah ‘terlanjur ‘ melakukan root, kalian bisa menggunakan aplikasi antivirus untuk terhindar dari virus yang sudah akan saya jelaskan nanti.

2. Aplikasi bajakan

Sebenarnya bukan hanya yang bajakan saja, melainkan aplikasi yang asli pun bisa terserang virus. Seperti yang sudah disebutkan tadi, Android merupakan sistem operasi terbuka, maka dari itu aplikasi yang mengandung virus mudah masuk ke Android. Untuk itu, mulai sekarang jangan kalian instal aplikasi dari sumber yang tidak terkenal.

Sejauh ini, hanya itu yang bisa saya sebutkan.
Apakah kalian masih ragu Android kalian terserang virus atau tidak? Baca lagi tulisan dibawah.

Ciri ciri hp terserang virus


Saya sudah menyediakan beberapa ciri2 jika Android kalian terserang virus. Ciri2 tersebut yaitu :

1. Penggunaan Internet yang tidak wajar 


Awalnya saya juga gak percaya, tetapi setelah saya telusuri di google, ternyata hal tersebut benar.

Berikut gambarannya

Ketika virus tersebut mencuri informasi, virus tersebut akan menggunakan data Internet kita untuk menggali informasi tersebut. Secara tidak langsung, kuota kita akan tersedot dan habis tanpa kita ketahui.

2. Sering crash atau eror


Kalau yang ini jelas terjadi, sebab virus menyerang program Android kita. Ketika program yang terserang sudah mulai rusak, maka anda kita akan eror terus menerus.

3. Baterai tiba2 habis walaupun tidak digunakan (sangat boros) 


Hal yang satu ini masih membuat saya bingung. Tapi tebakan terbaik saya yaitu karena virus yang berjalan sendiri.

Ketika virus sedang melakukan sesuatu pada Android kita, kemungkinan virus tersebut menggunakan baterai Android kita untuk bisa menjalankan hal tersebut. Saat itulah baterai kita bisa terhapus (ini merupakan perkiraan saya, jadi besar kemungkinannya untuk salah).

4. Kinerja Android tiba2 lelet (lemot)


Ini bisa terjadi karena virus tersebut mengunduh cache malware secara otomatis ketika kamu sedang browsing. Cache tersebut tersimpan dalam aplikasi. Jika sudah menumpuk maka akan menyebabkan Android kalian lemot.

5. Muncul iklan pop up walaupun tidak melakukan apapun 


Untuk iklan yang dimaksud yaitu iklan yang muncul ketika kalian tidak melakukan apapun (bukan ketika browsing). Iklan tersebut akan tampil secara otomatis.

6. Mengirim SMS sendiri


Ini merupakan hal yang sangat berbahaya. Virus tersebut akan mengirim informasi yang sudah dicurinya ke orang yang membuat virus tersebut.

Apa kalian mengalami hal diatas? Jika benar, kalian bisa mulai cara menghapus virus di hp kalian. Baca caranya dibawah.

Cara menghapus virus di hp 


Mungkin sudah terlalu panjang nih artikel jadi gak perlu lama2, kita langsung saja menuju tkp.

Berikut merupakan cara menghapus virus di hp :

A. Melalui safe mode


Langsung saja kalian ikuti langkah di bawah :

1. Masuk ke safe mode

 Masuk ke safe mode

Cara masuknya yaitu kalian tekan dan tahan tombol power hingga muncul pilihan untuk Matikan daya. Tahan pilihan Matikan daya tersebut hingga muncul lagi tampilan yang memberitahukan bahwa kamu akan masuk ke safe mode. Klik saja oke.

Android kalian akan reboot dan akan menyala lagi dan terdapat tulisan safe mode di pojok kanan bawah.

2. Hapus aplikasi yang mencurigakan

Hapus aplikasi yang mencurigakan dan mengandung virus


Untuk menghapusnya, kalian buka pengaturan lalu pilih aplikasi. Cari aplikasi pada menu download. Cari aplikasi pada menu tersebut yang menurut kalian mencurigakan (yang tidak pernah kalian download).

3. Hapus ijin dari aplikasi mencurigakan 

Hapus ijin dari aplikasi mencurigakan yang mengandung virus

Kalian buka pengaturan, lalu pilih keamanan, dan yang terakhir yaitu administrator perangkat. Kalian akan melihat beberapa aplikasi yang meminta ijin ke Android kalian. Kalian hapus tanda centang untuk aplikasi yang mencurigakan.

4. Reboot Android kalian 

Tekan reboot

Kalian hanya perlu menekan dan tahan tombol power (seperti tadi). Pilih reboot lalu klik oke. Maka Android kalian akan melakukan reboot sendiri.

Coba kalian lakukan hal seperti biasa, apakah ada perubahan atau tidak. Jika tidak terdapat perubahan, kalian bisa mencoba cara yang kedua.

B. Menggunakan aplikasi 


Untuk cara ini pasti kalian bisa memahaminya sendiri setiap langkahnya. Kalian bisa memilih aplikasi diantara daftar dibawah ini :

    1. CM Security
    2. Antivirus Security
    3. Avast
    4. Avira Antivirus Security
    5. 360 Security

Kalian bisa memilih salah satu dari pilihan diatas. Gak perlu bingung mau pilih yang mana sebab semua aplikasi tersebut merupakan aplikasi antivirus terbaik di playstore. Kalian coba saja dan rasakan sendiri hasilnya.

Apa sudah terhapus virusnya? Jika belum, maka kalian bisa menggunakan cara terakhir.

C. Melakukan reset


Cara ini memang mengancam data Android kalian, tetapi jika ingin menghapus virus tersebut, maka kalian harus melakukannya. Biasanya saya menyarankan agar kalian backup data dahulu. Tetapi kali ini kalian jangan melakukannya. Sebab percuma jika virus tersebut dalam aplikasi dan aplikasinya kalian kembalikan lagi.

.....sia2 deh Hard reset nya.....

Saya sudah menyediakan cara untuk melakukan reset. Kalian bisa pilih merek Android kalian dibawah

Samsung :
- Reset Samsung j5
- Reset Samsung j1
- Reset Samsung Ace 3

- Lenovo :
- Reset lenovo a1000
- Reset lenovo a319
- Reset lenovo a369i
- Reset lenovo a6000

Asus :
- Reset asus Z007

Advan :
- Reset advan s5e

Xiaomi :
- Reset xiaomi redmi 3

Jika tidak ada dalam daftar tersebut, kalian bisa gunakan cara reset semua Android.

Akhir kata dari cara menghapus virus di hp 


Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan mengenai cara menghapus virus di hp. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di komentar. Saya tunggu kedatangannya di artikel saya yang lain.

Wassalamualaikum wr.wb. 


1 Response to "Cara menghapus virus di hp dengan mudah dan praktis"

solder uap said...

wahh sangat bermanfaat sekali gan .makasih sudah share
solder uap