10 Cara Mengatasi hp Android Lemot dalam 10 menit

Cara mengatasi hp lemot

Assalamualaikum wr.wb. 

Cara mengatasi hp lemot – kita pasti terkagum kagum dengan kelancaran hp kita waktu pertama kali menggunakannya. Namun hal itu tidak lagi terjadi sekarang.

Setelah kita menggunakannya selama beberapa bulan, maka kita akan merasakan keganjilan pada hp tersebut.

Siapa saja pasti malas kalau nunggu hp Androidnya leletnya minta ampun (setelah ini saya akan menyebutnya dengan istilah lemot oke...). Namun mau bagaimana lagi, hal tersebut pasti akan kita alami.

Karena hal itulah saya disini akan memberikan solusi bagi kalian untuk mengurangi ke-lemot-an hp Android kalian. Maka dari itu, baca artikel ini sampai selesai.

Jika kita berbicara mengenai hp lemot, pasti kalian akan memikirkan yang namanya RAM. Benar kedua istilah ini (lemot dan RAM) saling berhubungan. Kenapa istilah tersebut berhubungan? Akan saya bahas selengkapnya nanti hehehe... Kalau gak mau langsung loncat ke bawah, kalian baca penjelasan singkatnya di bawah.

.....RAM memengaruhi hp lemot, tapi hp lemot tidak hanya dipengaruhi RAM.....

RAM sangat berguna dalam suatu Android. Tanpa RAM maka Android tidak dapat dioperasikan. Maka dari itu RAM berpengaruh pada kelancaran Android kita.

Namun ada satu hal lagi yang memengaruhi hp Android jadi lemot (seperti yang dijelaskan tadi).

Memori internal. Ini juga sama pentingnya dengan RAM. Memori internal merupakan penyimpanan bawaan Android. Jika penuh maka kita tidak akan bisa instal aplikasi. Lebih lanjutnya kalian baca nanti. Baca terus artikel ini biar gak kelewatan info tersebut.

Apakah kalian tau apa saja penyebab hp kalian jadi lemot? Gak tau? Baca dulu penyebabnya di bawah.

Penyebab Android lemotnya minta ampun


Sudah saya singgung tadi kalau yang memengaruhi hp Android jadi lemot itu ada 2, memori internal dan RAM. Disini akan saya perjelas maksud saya yang tadi (masih ingat kan?).

Umumnya hp Android jadi lemot disebabkan karena kedua slot tersebut sudah penuh (akan saya perjelas pada setiap bagian tersebut).

1. Memori internal sudah penuh


Ketika kalian mau menginstal aplikasi, maka kalian memerlukan sebuah penyimpanan. Namun bagaimana jika penyimpanan tersebut penuh? Maka akan ada 2 kemungkinan,

     - Tidak dapat menginstal aplikasi lagi
     - Aplikasi akan jadi lelet dan lama kelamaan akan membuat Android kalian lemot

Pada dasarnya, ada 2 penyebab memori internal kalian penuh, diantaranya yaitu :

    a. Kebanyakan aplikasi

Ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh kita (bukan hanya kalian, saya juga hehehe...). Kita menginstal semua aplikasi yang menurut kita menarik dan lama kelamaan penyimpanan tersebut akan habis (penyimpanan + kuota habis hadeh).

    b. Aplikasi yang membengkak

Membengkak disini maksudnya yaitu ukurannya yang jadi lebih Gede. Buat pemisahan saja, kalian lihat ukuran aplikasi Facebook (bukan yang versi lite) yang baru di instal dengan yang sudah berminggu minggu. Kalian akan paham sendiri maksud saya.

2. RAM penuh


Ketika kalian mau menggunakan aplikasi, maka RAM lah yang bertanggung jawab atas proses kelancaran aplikasi tersebut jika di jalankan. Nah jika aplikasi kalian macet ketika digunakan (bahasa kerennya ngeLAG), maka Android kalian secara tidak langsung akan ikut jadi lelet dan mengakibatkan Android Lemot. Penyebab RAM tersebut sampai penuh biasanya yaitu karena :

     - Menggunakan fitur Multi tasking android

Fitur ini memang mempermudah kita untuk berpindah aplikasi dengan cepat, namun tidak untuk RAM. Jika kalian melakukan hal ini maka banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Dengan begitu maka sudah dipastikan akan memberatkan RAM kita.

     - Memainkan game online

Ini juga seharusnya saya masukan ke poin memori internal, tetapi tak apa2 karena kalian sudah membacanya disini. Saya yakin kalian pasti banyak kan yang main Mobile legend? Sekarang kalian lihat berapa banyak memori yang digunakan aplikasi tersebut dan berapa banyak RAM yang sudah dimakan oleh aplikasi tersebut. Kalian pasti akan terkejut ketika Mengetahuinya. Inilah salah satu yang menyebabkan Android Lemot (terutama bagi Android yang masih memiliki kapasitas RAM di bawah 1 GB).

     - Memainkan game berat

Yang ini tidak perlu saya jelaskan lagi karena pastinya kalian sudah tau sendiri seperti apa itu game berat.

Apakah kesalahan kalian sudah saya sebutkan tadi atau belum. Stststtt... Kalau belum jangan lupa tulis ya dikomentar.

Bagaimana kalau kita langsung saja ke cara mengatasi hp Android yang lemot? Setuju? Oke langsung saja kita mulai dari yang pertama.

Cara mengatasi hp lemot 


Gak perlu lama2, kita langsung saja mulai caranya. Inilah cara mengatasi hp lemot versi ane :

1. Longgarkan kapasitas memori internal kalian 


Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar memori internal kalian longgar :

    A. Pindah aplikasi ke kartu memori/kartu sd

Pindah aplikasi ke kartu sd

Tidak semua aplikasi bisa kalian pindahkan, tetapi setidaknya kalian bisa melonggarkannya. Kalian buka saja pengaturan, lalu pilih aplikasi dan cari aplikasi yang akan kalian pindahkan. Jika sudah, kalian tekan pindahkan ke sd. Sekali lagi saya katakan bahwa tidak semua aplikasi bisa kalian pindahkan ke kartu sd.

    B. Pindah lokasi penyimpanan ke kartu sd

Pindah lokasi penyimpanan ke kartu sd

Prinsipnya hampir sama dengan yang tadi, Cuma bedanya kalau yang ini akan langsung tersimpan ke kartu sd. Caranya yaitu kalian tekan pengaturan, lalu pilih penyimpanan dan pilih lokasi penyimpanan. Kalian pilih saja kartu sd. Dengan demikian, maka setiap aplikasi yang kalian instal akan tersimpan di kartu sd.

    C. Hapus aplikasi tidak penting

Hapus aplikasi tidak penting

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kalian pasti banyak menginstal aplikasi yang tidak penting (ikutan trend). Kalian hapus aplikasi tersebut agar Android kalian bisa ringan dan mengurangi lemot. Kalian udah tau kan cara hapus ya? Pastinya tau lah.

   D. Hapus data aplikasi yang jarang digunakan

Hapus data aplikasi yang jarang digunakan

Cara ini jarang digunakan oleh orang lain, tetapi dampaknya juga lumayan buat ngelonggarin memori kalian. Gak percaya? Buktikan aja sendiri. Caranya yaitu kalian buka pengaturan, pilih menu aplikasi lalu cari dan pilih aplikasi mana yang jarang digunakan seperti shareit. Walaupun sedikit, tapi lumayan bisa mengurangi penggunaan memori.

    E. Nonaktifkan aplikasi bawaan Android 

Nonaktifkan aplikasi bawaan Android

Untuk cara yang ini sebaiknya kalian perlu berhati2 agar tidak memengaruhi kinerja Android. Cara menonaktifkannya hampir sama dengankalian cara yang tadi. Bedanya disini kalian pilih Nonaktifkan. Contoh aplikasi yang bisa kalian Nonaktifkan yaitu :

1. Browser bawaan (jika lebih dari satu)
2. Market bawaan Android selain playstore
3. Google maps jika kalian tidak menggunakannya
4. Aplikasi bbm jika tidak kalian perlukan
5. Dan masih banyak yang lain.

Sebenarnya ada satu lagi tambahan buat kalian yaitu aplikasi Google. Sebenarnya ketika kalian membuka aplikasi Google maka saat memasuki artikel seperti ini maka akan dialihkan ke browser kan? Maka dari itu saya menonaktifkannya dan melakukan browsing langsung di browser.

2. Kurangi widget pada layar home

Kurangi widget pada layar home

Sebenarnya ini kurang begitu berpengaruh besar bagi saya. Saya juga masih melanggar nih cara. Setelah saya baca di mana2, ternyata yang menyebabkan widget ini berpengaruh yaitu karena widget tersebut melakukan sinkronisasi (memperbarui) data. Jika banyak widget pada layar home, maka semuanya akan melakukan sinkronisasi dan memberatkan RAM.

3. Hapus sampah pada Android 


Untuk yang ini saya tidak tau berpengaruh dari segi RAM atau penyimpanan internal. Tapi dampaknya memang luar biasa. Saya yakin kalian sudah punya kan aplikasi pembersih sampah? Belum? Jangan dulu kalian instal aplikasi pembersih sampah. Saya akan memberikan Tips membersihkan sampah menggunakan shareit. Shareit kan buat share aplikasi? Lihat aja nanti caranya. Perhatikan langkah dibawah :

     - buka aplikasi shareit 

Buka aplikasi shareit

Langkah ini ditujukan untuk yang memiliki aplikasi shareit, sebab hampir semua orang memilikinya.

     - Pilih lainnya pada menu bagian bawah lalu tekan bersihkan sampah

Tekan bersihkan sampah

Saya menggunakan aplikasi shareit yang terbaru sekarang ini. Kemungkinan nantinya ataupun versi sebelumnya juga berbeda.

     - Cleanit sekarang 

Tekan Cleanit sekarang

Sebenarnya ini menggunakan fitur aplikasi Cleanit yang terselip pada shareit. Tapi lumayan lah jadi gak perlu download aplikasi lagi.

3. Bebaskan RAM Androidmu


Bisanya saya melakukan ini dengan 2 Cara. Cara tersebut yaitu :

   A. Hapus bekas aplikasi yang sudah digunakan pada multi tasking 

Hapus aplikasi berjalan di multi tasking

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, fitur ini memang sangat memudahkan kita untuk berpindah aplikasi. Namun ada baiknya jika kalian hapus bekas aplikasi tersebut jika sudah digunakan. Caranya saya yakin udah pada tau semua.

    B. Gunakan widget pembebas RAM 

Tekan widget pembebas RAM

Mungkin agak bertentangan dengan cara yang tadi, tetapi ini cukup ampuh untuk meringankan RAM Android kalian. Widget ini biasanya didapatkan dari aplikasi pembersih sampah, dari tema, dan dari sistem Android sendiri. Untuk yang dari Android, letaknya berada dibagian atas, bukan pada layar home (scrol kebawah, maka akan muncul layar bergeser dari atas kebawah).

Kedua cara tersebut ampuh untuk meringankan RAM Android kalian dan saya pun masih melakukannya sampai sekarang.

4. Reboot Android kalian 

Reboot Android kalian

Ini merupakan cara terakhir yang akan saya berikan kepada kalian. Dengan melakukan reboot maka semua aplikasi akan tertutup dan Android kalian sudah gak se-lemot tadi. Caranya yaitu kalian tahan tombol power hingga muncul sebuah tampilan, kalian pilih reboot (jika bahasa Indonesia itu mulai kembali). Setelah itu maka RAM kalian akan longgar dengan sendirinya.

Bagaimana kawan2, apakah berhasil? Mungkin sampai itu saja pertemuan kita kali ini sobat.

Sekian mengenai cara mengatasi hp lemot. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di komentar. Saya tunggu kedatangan kalian di artikel saya lainnya.
Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr.wb. 

1 Response to "10 Cara Mengatasi hp Android Lemot dalam 10 menit"