Cara root samsung J1 tanpa pc 100% aman tanpa masalah | 4ndroidinfo

Cara root Samsung J1 tanpa pc


Assalamu'alaikum wr.wb.


Cara root samsung J1 – pasti semuanya sudah tau kan artinya root? Karena kalian mencari cara root berarti kalian harus mengenal dulu istilah root. Jadi tidak mungkin kalian tiba tiba melakukan root tanpa tahu artinya. Maka dari itu saya tidak akan menjelaskan lagi maksudnya root.

Memang root merupakan hal yang harus dilakukan, sebab banyak fitur android yang bisa didapatkan dengan dilakukannya root pada android, terutama samsung J1.

Sebelum memulai ke langkah melakukan root samsung J1, sebaiknya kita cari tau dulu keuntungan dan kekurangan samsung J1 setelah diroot.

Keuntungan melakukan root pada samsung J1


Tentunya banyak pengguna samsung J1 yang melakukan rooting karena keuntungan yang akan kita dapatkan. Tapi apakah kalian tahu, apa saja keuntungan tersebut? Berikut keuntungannya :

1. Mempercepat kinerja samsung J1


Hal ini bisa dilakukan jika kalian menginstal aplikasi setCPU yang tentunya membutuhkan akses root. Dengan aplikasi tersebut, kita bisa mengatur kinerja hardware terutama pada CPU samsung J1 kita. Kita bisa memilih untuk dipercepat maupun diperlambat. Tentunya keduanya memiliki kekurangan masing masing. Jika kalian ingin merasakan samsung J1 menjadi lebih cepat dalam berkinerja, maka kalian bisa coba cara ini dengan melakukan root yang tentunya akan saya bagikan caranya nanti.

2. Menghemat baterai samsung J1


Dengan melakukan root, tentunya kita bisa melakukan hal seperti ini dengan bantuan aplikasi khusus root, seperti Greenify. Dengan aplikasi ini, kita bisa menghentikan proses latar belakang yang berjalan secara otomatis.

Apa hubungannya dengan hemat baterai? Hubungannya yaitu jika saja proses latar belakang dihentikan, maka akan meringankan kerja CPU dan jika ini terjadi maka CPU bisa menghemat baterai karena bila kerja yang dilakukan CPU sedikit maka daya yang terkuras juga sedikit (seperti manusia dong?). Jika ingin merasakan fitur aplikasi ini, samsung J1 kalian harus diroot dan bisa memakai cara yang saya berikan nanti.

3. Menginstal aplikasi unik khusus root


Ini merupakan hal yang wajib kita manfaatkan. Contoh saja aplikasi seperti pada keuntungan no 1 dan 2, mereka memiliki fitur keren dan hanya dapat kalian manfaatkan jika sudah melakukan root. Masih banyak aplikasi lain yang membutuhkan akses root dan sangat berguna bagi para pengguna android.

4. Melakukan cheat pada game android


Ini sebenarnya masih masuk ke dalam keuntungan no 3, tapi saya pisahkan karena saya merasa hal ini menarik bila dipisahkan. Keuntungan ini sangat berguna, terutama bagi gamers karena kita bisa melakukan cheat sendiri. Banyak aplikasi yang digunakan untuk cheat seperti Game hacker, Lucky patcher, Game Guardian, dan masih banyak yang lainnya. Dengan melakukan cheat, maka kalian bisa melakukan pengubahan data maupun melakukan pembelian dalam aplikasi tanpa membayar.

5. Dapat menghapus aplikasi bawaan sistem


Aplikasi bawaan memang kadang membuat samsung J1 kita kehabisan memori ataupun ram. Namun tidak lagi jika kalian melakukan root. Sebab dengan melakukan root maka kalian bisa menghapusnya dengan bantuan aplikasi.

6. Bisa instal costom rom


Manfaat ini merupakan manfaat paling menarik bagi saya, sebab kalian bisa mengubah sistem pada samsung J1 kalian menjadi sistem android lain. Sebagai contoh kalian melakukan costom rom pada samsung J1 dengan costom rom xiaomi redmi 3. Maka samsung J1 kalian akan seperti xiaomi redmi 3 baik itu versi android, menu dan lainnya.

7. Dan masih banyak lagi (kalian bisa menambahkannya dikomentar).


Kalian bisa membantu saya dengan menulisnya di komentar.

Kekurangan melakukan root pada samsung J1


Setiap kelebihan pasti ada kekurangannya, begitu juga bagi root. Namun kalian tenang saja sebab saya juga sudah memberikan solusinya tersendiri. Kekurangannya diantaranya yaitu :

1. Garansi samsung J1 akan hilang (ada solusinya)


Memang benar jika kita melakukan root maka garansi akan hilang. Tapi kalian tidak perlu takut sebab masa garansi juga hanya sekitar 1 tahun jadi jika umur samsung J1 kalian lebih dari batas tersebut, maka percuma saja garansi tersebut. Sebenarnya kalian juga bisa memperbaiki samsung J1 yang bermasalah dengan cara flash.

2. Lebih mudah terserang virus (ada solusinya)


Kalian tidak perlu mencemaskan hal ini. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya sudah melakukan root selama 6 bulan dan tidak satu pun virus yang terdeteksi. Jika ada virus maka kalian juga bisa mencari antivirus yang ada di play store. Selain itu, kalian juga akan melakukan rooting menggunakan kingroot yang sudah dilengkapi dengan antivirus, jadi samsung J1 kalian akan aman.

3. Samsung J1 jadi cepat panas (ada solusinya)


Sebenarnya ini terjadi jika kalian melakukan kegiatan pada keuntungan no 1 diatas (baca lagi diatas). Jika kalian tidak melakukannya, maka suhu samsung J1 kalian akan normal seperti biasanya. Jadi ini bisa kalian atasi dengan tidak melakukan keuntungan no 1.

4. Dan kekurangan lainnya (bisa kalian tambahkan dikomentar)


Jika semuanya dibandingkan, maka keuntungan yang akan didapatkan jauh lebih tinggi dari risikonya.

Sekarang kita mulai ke inti pembicaraan yaitu cara melakukan root samsung J1. Sebelumnya kalian harus tau apa yang dipersiapkan.

Hal yang harus kalian persiapkan sebelum melakukan root samsung J1


Memang persiapan ini terlihat sepele, tetapi kalian harus melakukannya jika tidak ingin terjadi masalah. Persiapan tersebut yaitu :

1. Daya baterai samsung J1 harus berada sekitar 80%


Sebaiknya kalian lakukan hal ini, coba bayangkan jika ketika samsing J1 kalian sedang diroot tetapi tiba tiba samsung kalian mati karena kehabisan daya, tidak ada yang tahu seperti apa nantinya. Untuk menghindari kesalahan nantinya, sebaiknya kalian isi dulu baterai samsung J1 kalian sampai sekitar 80% (lebih banyak lebih baik).

2. Pastikan sedang terhubung ke internet


Kenapa? Karena proses root yang akan kita lakukan akan menggunaan kuota kita dalam prosesnya (jangan takut, tidak banyak kok). Jadi semakin cepat internet kalian, semakin cepat juga proses selesai.

3. Centang pada pilihan sumber tidak di kenal pada pengaturan


Hal ini bertujuan agar kalian bisa menginstal aplikasi kingroot. Cara mencentangnya yaitu kalian buka pengaturan >>> keamanan >>>geser kebawah lalu klik sumber tidak dikenal. Jika kalian tidak melakukan ini maka kalian tidak bisa menginstal aplikasi ini.

4. Download aplikasi kingroot


Kenapa aplikasi ini? Sebab aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk root hanya dalam 1 sentuhan saja!!! Selain itu, aplikasi ini juga tidak akan membuat asus zenfone 3 kalian rusak jika terjadi kegagalan dalam rooting. Untuk poin plusnya yaitu aplikasi ini juga disertai antivirus jadi kalian tidak perlu mencari antivirus lagi. Untuk mendownloadnya kalian bisa menggunakan link download kingroot ini.

5. Cooming soon


Persiapan selanjutnya masih saya bingungkan, sebab menurut saya kalian hanya perlu menyiapkan persiapan diatas saja. Tetapi jika ada update, maka akan saya perbarui dan mungkin saja kalian bisa membantunya dengan menulis dikomentar.

Cara yang digunakan dalam melakukan root samsung J1


Banyak aplikasi yang digunakan untuk melakukan root pada samsung J1 baik itu menggunaka pc maupun tanpa pc. Aplikasi yang sudah terkenal akan keampuhannya dan keberhasilannya dalam melakukan root yaitu kingroot. Selain mudah, kingroot juga bisa digunakan tanpa pc, jadi akan memudahkan kalian dalam proses ini.

Saya rasa artikel ini sudah terlalu panjang dan tentunya kalian pasti juga sudah bosan dengan membaca terus bukan? Maka dari itu kita langsung saja mulai langkahnya.

Cara melakukan root samsung J1


Kita mulai saja ke langkah pertama cara root samsung J1 :

Etsss...Sebelum kelangkah pertama, kalian lakukan dulu persiapannya yang sudah saya tulis diatas (baca lagi ke atas bro...). Jika sudah, kalian bisa ke langkah pertama.

1. Buka aplikasi kingroot dan tekan Try to root

Pilih try to root

Sebelumnya jika kalian belum punya aplikasi kingroot, kalian bisa download aplikasinya disini. Setelah selesai diinstal, kalian buka aplikasinya, maka akan muncul gambar seperti diatas. Kalian tekan saja Try to root dibagian bawah lingkaran besar.

2. Tunggu sampai proses selesai

Tunggu sampai menjadi 100%

Kalian akan melihat gambar lingkaran tadi bertuliskan angka persen yang berarti proses ini sedang dimulai. Kalian tunggu saja sampai proses ini selesai. Seperti yang saya katakan tadi, kecepatan proses ini berdasarkan kecepatan internet kalian, jadi carilah tempat dengan kecepatan internet tinggi.

3. Bila selesai maka selamat, samsung J1 kalian sudah diroot


Buat tambahan, jika muncul pemberitahuan maka kalian tekan oke saja. Setelah itu, kalian lakukan booting pada samsung J1 kalian (kadang otomatis tapi bisa saja harus manual).

Mengecek samsung J1 sudah diroot atau belum


Sekarang samsung J1 kalian sudah dalam keadaan root, tetapi jika kalian belum percaya atau kurang yakin, kalian bisa mengeceknya. Sebelumnya kalian instal dulu supersu (biasanya sudah ada setelah booting, tetapi jika belum ada, kalian bisa instal sendiri) lalu instal juga root checker.

Kalian buka aplikasi root checker, maka akan muncul tampilan seperti dibawah (bila aplikasi meminta izin, kalian pilih izinkan). Kalian tekan verifikasi root.
Tekan verify root
Tunggu sampai beberapa detik, maka akan muncul tampilan yang sama seperti tadi. Bedanya nanti pada atas tulisan verifikasi root, kalian akan melihat tulisan berwarna. Jika dalam keadaan root, maka akan muncul tulisan hijau (lihat gambar dibawah).
Jika root terpasang

Jika dalam keadaan belum diroot, maka akan muncul tulisan berwarna merah (lihat gambar dibawah).
Jika root tidak terpasang

Catatan : kalian wajib menginstal supersu tadi sebab jika kalian tidak menginstalnya, maka percuma kalian melakukan root sebab aplikasi yang menggunakan root tidak dapat dibuka. Dengan kata lain, supersu akan mengizinkan aplikasi tersebut agar mendapatkan persetujuan root dari samsung J1 kalian. Contohnya sama ketika kalian membuka aplikasi root checker.

Penutupan


Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara root samsung J1. Tuliskan saran kalian di komentar dan jangan lupa share jika kalian merasa ini penting. Serta jangan lupa kunjungi juga artikel saya yang lain. Saya tunggu kedatangan kalian di artikel yang lain.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

1 Response to "Cara root samsung J1 tanpa pc 100% aman tanpa masalah | 4ndroidinfo"

Paipai said...

makasih min udah share infonya
solder uap