Praktis!!! Cara reset Android dengan mudah dan cepat

Cara reset Android

Assalamualaikum wr.wb.

Cara reset Android – reset bukanlah istilah yang asing kita dengar. Sebab semua orang bisa melakukannya dan banyak yang sudah share caranya, termasuk saya.

Namun mungkin kalian belum jelas cara atau mungkin juga yang kalian tau tidak begitu lengkap. Maka dari itu, saya akan memberikan cara reset Android secara lengkap.

Sebelum itu, apa kalian tau apa itu reset?

Pengertian reset


Bagi saya, reset merupakan sebuah cara untuk mengembalikan Android menjadi seperti semula. Jika kalian teliti, kalian akan menemukan pengertian reset ketika kalian membaca istilah reset.

Baca baik2 tulisan dibawah

Reset dapat dibagi menjadi 2 suku kata (gak usah bingung sama nih istilah) yaitu Re + set. Re artinya kembali, sedangkan set artinya pengaturan. Dapat kita simpulkan bahwa reset yaitu mengatur ulang/kembali Android kita.

Udah paham kan artinya? Mau mulai melakukan reset? Baca dulu persiapannya.

Persiapan sebelum melakukan reset Android 


Saya akan memberikan beberapa persiapan sebelum kalian melakukan reset. Persiapan tersebut yaitu :

1. Pastikan baterai Android kalian berada di atas 80%

Kalian jangan sampai menyepelekan hal ini sebab jika sampai Android kalian mati (karena kehabisan baterai) saat proses ini berlangsung maka Android kalian kemungkinan akan mati total maupun masalah lainnya. Jadi isi dulu baterai kalian sebelum melakukan reset.

2. Sebaiknya kalian backup data dahulu 

Kalian harus lakukan hal ini jika tidak mau data Android kalian hilang. Tetapi jika data tersebut mengandung virus, sebaiknya kalian lompati saja persiapan yang ini. Kalian bisa baca cara backup data terlebih dahulu.

3. Lepas kartu memori dan kartu sim

Kalian harus lakukan hal ini agar data yang ada pada kartu memori tidak ikut hilang. Sama seperti persiapan tadi, jika ada aplikasi yang mengandung virus dalam memori tersebut, kalian loncati saja persiapan ini.

Mungkin baru itu saja persiapan yang perlu kalian lakukan. Apa kalian sudah siap untuk melakukan reset? Baca dengan lengkap langkahnya dibawah.

Cara reset Android


Saya akan memberikan 2 Cara untuk melakukan reset pada Android. Cara tersebut yaitu :

A. Melalui pengaturan

Cara yang satu ini merupakan cara yang bisa kalian lakukan ketika Android dalam keadaan on. Caranya yaitu :

1. Buka pengaturan

Buka pengaturan

Karena kita akan melalui pengaturan, tentunya kalian harus buka dulu pengaturannya. Kalian pasti tau sendiri dimana pengaturan Android kalian.

2. Pilih buat cadangan dan setel ulang 

Pilih buat cadangan dan setel ulang

Kalian geser terus ke bawah hingga melihat menu tersebut. Jika sudah kalian temukan, sekarang kalian tekan menu tersebut.

3. Pilih Kembalikan ke setelah pabrik

Pilih Kembalikan ke setelah pabrik

Kalian lihat dibagian paling bawah, maka kalian akan melihat menu ini. Tekan saja tulisan tersebut. Maka kalian akan menuju tampilan baru.

4. Tekan setel ulang telepon 

Tekan setel ulang telepon

Ini merupakan langkah terakhir untuk melakukan reset. Sebelum menekannya, pastikan kalian lengkapi dulu persiapannya. Setelah itu, kalian tunggu saja sampai proses selesai dan Android kalian otomatis booting dan Android kalian sudah dalam keadaan baru lagi.

B. Melalui recovery mode 


Cara yang ini merupakan cara yang bisa kalian gunakan ketika Android kalian dalam keadaan off. Caranya yaitu :

1. Kalian masuk dulu ke recovery mode 


Tentunya karena kita akan menggunakan cara reset melalui recovery, maka kalian harus masuk dulu ke recovery mode. Kalian bisa membaca cara masuk ke recovery mode untuk melakukan cara ini.

2. Pilih wipe data/factory reset 

Pilih wipe data/factory reset

Untuk menggesernya, kalian tekan volume up untuk ke atas dan volume down untuk ke bawah. Bila sudah tepat pada pilihan wipe data/factory reset kalian tekan tombol power untuk konfirmasi.

3. Pilih yes – delete all user data 

Pilih yes

Sama seperti langkah sebelumnya, kalian pilih menggunakan tombol volume dan power (masih ingat kan caranya?). Jika kalian sudah menekan power, maka akan muncul tampilan bergambar robot hijau yang menunjukkan bahwa Android kalian sedang di reset. Tunggu saja sampai selesai maka Android kalian akan melakukan reboot sendiri dan Android kalian sudah dalam kondisi baru.

Itulah 2 Cara melakukan reset pada Android. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di komentar. Saya tunggu kedatangan kalian di artikel saya yang lain.

Wassalamualaikum wr.wb. 



0 Response to "Praktis!!! Cara reset Android dengan mudah dan cepat "