Cara flash samsung J1 tanpa ribet kurang dari 10 menit | 4ndroidinfo

cara flash samsung J1 tanpa ribet

Assalamu'alaikum wr.wb.

Cara flash samsung J1 – hai semua...akhirnya kita bisa bertemu lagi pada tema yang tentunya berbeda dengan sebelumnya. Sebelumnya saya mau tanya ke kalian, kalian semua pasti pengguna android kan? Dan jenisnya samsung J1, betul gak? Pastinya betul sebab buat apa kalian kemari kalau bukan pemilik tipe android tersebut.

Samsung J1 memang sedang populer di kalangan masyarakat indonesia saat ini. Tentunya hal tersebut di pengaruhi oleh sesuatu, tahukah kalian pengaruh apa saja? Pasti banyak yang jawab pengaruh kualitas dan harga yang sesuai dengan kantong masyarakat indonesia. Jawaban tersebut memang benar dan mungkin juga kalian salah satunya.

Walaupun dari segi spesifikasi seperti ram maupun layar, samsung J1 kalah jika dibandingkan merk lain dengan harga yang sama. Tetapi hal ini tidak membuat penggemar samsung berpindah ke merk lain, justru sebaliknya mereka berpindah untuk memilih samsung. Mau bagaimana lagi, samsung merupakan merk yang sudah menjamur di masyarakat indonesia jadi sudah tidak diragukan lagi tentang jumlah penggunanya maupun kualitasnya.

Berbicara tentang kualitas samsung, kalian para pengguna samsung J1 pasti sering menjatuhkan samsung kalian kan (jujur aja...) ? namun beruntunglah kalian sebab samsung J1 merupakan samsung yang sudah tahan banting (tapi jangan di banting terus menerus) dan juga awet. Hal inilah yang menjadi penyebab mengakarnya merk samsung di indonesia.

Namun tidak mungkin selamanya samsung tidak akan rusak. Walaupun samsung J1 merupakan samsung yang sudah terjamin kualitasnya, pasti juga sering mengalami masalah juga (termasuk pada samsung kalian). Tapi tenang saja, sebab setiap ada penyakit maka ada obatnya. 

Bagaimana caranya? Cara yang paling ampuh yaitu melakukan flash. Masih asing dengan istilah ini? Baiklah akan saya perjelas dulu dari awal.

Apa itu flash? 

Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para pengguna android yang baru pertama kali melakukan proses ini. Flash merupakan sebuah cara untuk mengubah android menjadi seperti baru dengan cara penghapusan data. Namun tidak semua data dihapus, melainkan data yang ada di android saja, jika data dalam akun seperti sosmed maka kalian tidak akan kehilangan data tersebut. Karena kali ini kita melakukan cara flash pada salah satu merk samsung, yaitu samsung J1 maka kita akan membahas cara flash samsung J1.

Kenapa kita harus melakukan flash pada samsung J1 milik kita

Ada asap pasti ada api (pepatah/pribahasa), begitu juga bagi kita untuk melakukan flash. Tentunya kita tidak mungkin langsung melakukan flash tanpa alasan, karena setiap orang pasti punya alasan tersendiri. Namun dari sekian banyak pengguna samsung J1, mereka melakukan flash samsung J1 karena samsung mereka bootloop, hang, blank, samsung mulai lelet bahkan berhenti bekerja, lupa password samsung sendiri, maupun penyebab lainnya. Dan saya kira kalian memiliki masalah seperti yang saya sebutkan.

Kita sudah membahas tentang flash dan tentunya itu pendapat saya sendiri jadi kalian bebas percaya atau tidak dan itu berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna android yang sama seperti kalian. Untuk mempersingkat waktu, kita langsung saja ke proses sebelum flash.

Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan flash samsung J1


Tentunya kalian harus melakukan persiapan pada samsung J1 kalian dulu sebelum melakukan langkah ini. Hal tersebut seperti : 

1. Backup data dahulu

Backup data dapat diartikan sebagai proses pencadangan (penyimpanan) data ke atas awan (maksudnya agar aman). Kalian harus melakukan ini sebelum memulai flash karena jika data hilang dalam proses flash, maka tidak bisa dikembalikan lagi (dengan kata lain hilang secara permanen). Namun jika kalian tidak ingin menyimpan data kalian, tidak perlu lakukan hal ini. Kalian bisa mencari caranya sendiri di google.

2. Daya baterai samsung J1 kalian harus berada sekitar 80%

Walaupun nantinya kita melakukan cara ini ketika samsung J1 off, namun daya baterai tetap bisa terkuras dalam proses penghapusan data. Jadi siapkan baterai untuk berada sekitar 80% agar tidak mati pada saat proses berlangsung. Jika kalian tidak bisa melihat daya baterai kalian karena bootloop, blank, maupun lainnya kalian tidak perlu lakukan ini.

3. Lepas memory card dan sim card

Hal ini sangat penting dilakukan karena akan sedikit data yang hilang dalam proses ini. Saya pernah lupa tidak melakukan hal ini dan hasilnya data yang ada dalam memory dan sim ikut terhapus juga. Jika kalian lepas kedua kartu tersebut, maka kalian tidak akan kehilangan data anda.

Cara yang digunakan dalam melakukan flash samsung J1


Kalian sudah tahu bahwa banyak cara yang disebarkan di google. Namun, setiap cara bisa saja berbeda. Sebenarnya banyak cara yang digunakan untuk melakukan flash samsung J1. Sedangkan yang akan saya berikan merupakan cara paling mudah dan cepat tentunya tidak perlu ribet.

Cara tersebut yaitu melalui recovery mode. Cara ini dapat dilakukan tanpa membutuhkan pc. Caranya juga sangat singkat yaitu hanya terdiri dari 4 langkah saja dan bisa kalian selesaikan dalam waktu kurang dari 10 menit. Sangat cepat bukan? Lebih baik kalian perhatikan dengan baik agar tidak terjadi kesalahan dalam proes melakukannya.

Langkah langkah melakukan flash samsung J1


Akhirnya kita sampai juga pada inti pembicaraan ini. Sebelum kalian melakukan cara ini, sebaiknya kalian baca dulu hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan flash (kalian bisa baca di bagian atas), jika sudah baca, kalian baru boleh memulai langkah ini. Tidak perlu lama – lama, langsung saja kita mulai cara flash samsung J1 :

1. Nonaktifkan samsung J1 dan tekan dan tahan tombol volume up + power + home secara bersamaan

Kombinasi tombol untuk masuk recovery mode samsung J1

Saya yakin kalian sudah paham dengan yang saya maksudkan di atas. Jika kalian berhasil melakukan dengan benar maka akan muncul tampilan recovery mode (gambar ada di langkah berikutnya). Tetapi jika tidak muncul menu ini, kalian ulangi langkah ini dari awal.

2. Pilih wipe data/factory reset

Tampilan menu recovery mode

Tampilan didepan kalian merupakan tampilan recovery mode. Kalian tidak bisa memilih dengan menyentuh layar pada menu ini. Kalian harus menekan tombol volume up untuk naik, volume down untuk turun, dan bila sudah tepat pada tulisan yang saya maksud yaitu wipe data/factory reset kalian tekan power.

3. Pilih yes - delete all user data

Pilih yes

Masih di tampilan recovery, kalian akan melihat 2 pilihan yang tersedia yaitu yes dan no. Seperti yang saya sebutkan di atas, kalian pilih yes dengan cara seperti pada langkah sebelumnya (baca lagi jika lupa).

4. Tunggu sampai proses selesai

Proses penghapusan data dan penginstalan ulang samsung J1

Di langkah ini, kalian bisa santai karena kalian hanya perlu menunggu proses ini sampai selesai. Proes ini biasanya berlangsung lumayan lama, jadi kalian bisa ngopi dulu jika bosan. Jika proses selesai maka samsung J1 akan booting sendiri dan sudah seperti ketika awal kalian membelinya (akhirnya bisa hemat uang).

Akhir kata tentang cara flash samsung J1

Bagaimana hasilnya, berhasil kan? Jika kalian bisa melakukan hal ini sendiri, buat apa kalian membawanya ke tempat perbaikan android dengan biaya minimal 50 ribu. Jika kalian bisa sendiri, maka kalian akan bisa menghemat pengeluaran anda.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara flash samsung J1. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media seperti di bawah jika ingin membantu admin mengembangkan artikel ini. Tinggalkan komentar kalian sebagai penghargaan bagi admin. Saya tunggu komentar kalian dan kedatangannya di artikel lainnya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.


0 Response to "Cara flash samsung J1 tanpa ribet kurang dari 10 menit | 4ndroidinfo"