Cara mudah flash samsung J5 cocok bagi pemula

Cara mudah flash samsung J5 cocok untuk pemula


Assalamu'alaikum wr.wb.

Flash samsung J5 – Siapa yang tidak kenal dengan android bermerek samsung? Pasti semua tentunya sudah tahu merek android samsung, terutama samsung J5. Samsung J5 merupakan salah satu dari merek samsung terkenal di Indonesia, bahkan merupakan salah satu android terlaris di Indonesia.

Tentunya kualitas dari samsung J5 ini sudah tidak perlu diragukan lagi sebab samsung selalu memberikan yang terbaik bagi pengguna setianya. Namun, tahukah Anda bahwa sebaik apa pun suatu produk pasti ada kesalahan yang dapat terjadi?

Mungkin ada yang mengira karena android mereka merupakan keluaran dari samsung, mereka jadi yakin bahwa samsung milik mereka bisa awet sampai bertahun tahun, namun kenyataannya tidak. Banyak juga samsung yang mengalami masalah walaupun belum sampai berusia 1 tahun. Karena itu, kita harus mengantisipasi masalah yang menimpa samsung J5 kesayangan kalian.

Masalah yang terjadi pada samsung J5 sama dengan kesalahan yang terjadi pada android umumnya. Masalah tersebut di antaranya yaitu bootloop, hang maupun android mulai lelet dalam beroperasi. Namun ada juga masalah yang terjadi akibat kita sendiri, seperti lupa password android dan masalah lainnya yang tidak bisa saya sebutkan semuanya.

Tapi tenang saja, sebab semua masalah tersebut bisa diselesaikan dengan mudah, yaitu melalui flash. Mungkin sebagian pengguna android, khususnya samsung J5 masih asing dengan istilah ini. Kalian tak perlu malu, karena akan saya jelaskan juga mengenai flash.

Apa itu flash?


Flash yaitu mengubah android menjadi seperti baru dengan cara menghapus semua data dalam android tersebut. Jadi, android tersebut akan jadi seperti baru lagi dengan cara semua data yang ada harus di hapus terlebih dahulu. Itu merupakan pengertian flash menurut pendapat saya, jadi mungkin sedikit berbeda dengan pendapat orang lain, walaupun inti dan maksudnya sama.

Hal yang harus dilakukan sebelum melakukan flash samsung J5


Karena flash akan menghapus semua data yang ada, maka lebih baik kalian backup data terlebih dahulu. Sebab jika data tersebut hilang, maka tidak akan bisa kembali lagi.

Cara yang digunakan dalam melakukan flash samsung J5


Sebelum kita menuju ke cara melakukan flash, lebih baik kita perjelas dulu apa yang akan kita lakukan. Hal ini bertujuan agar kalian tidak bingung dalam melakukan proses ini .

Metode dalam melakukan flash samsung J5 ada 2, yaitu dengan pc dan tanpa pc. Jika kalian memilih yang menggunakan pc, kalian akan membutuhkan pc, kabel khusus maupun software aplikasi yang harus ada ketika melakukan proses ini. Karena cara tersebut sangat ribet jadi saya pilih yang tanpa pc. Jika tanpa pc, kalian tidak perlu mempersiapkan pc maupun alat lain yang berhubungan dengan pc, dengan kata lain kalian hanya menyiapkan android saja.

Cara yang saya berikan juga sangatlah mudah, sebab hanya terdiri dari 4 langkah saja dan itupun kalian hanya melakukan 1 kegiatan dalam 1 langkah. Jadi kalian tidak perlu bingung dalam melakukan langkah langkah yang saya berikan. 

Langkah langkah dalam melakukan flash samsung J5


Langsung saja berikut merupakan cara flash samsung J5 tanpa pc :
Sebelum melakukan langkah yang saya berikan, sebaiknya kalian periksa apakah samsung J5 kalian sudah memenuhi syarat yang harus dipenuhi atau belum.

Syaratnya yaitu samsung J5 milik kalian harus memiliki daya baterai yang cukup yaitu berkisar 80%. Selain itu, kalian jangan lakukan cara ini katika samsung J5 kalian sedang di charger (jika samsung J5 milik kalian sedang bootloop, kalian bisa hiraukan syarat ini). Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesalahan yang terjadi ketika dalam proses flash. Jika sudah memenuhi syarat tersebut, kalian bisa lanjutkan membaca langkah langkah cara flash samsung J5 tanpa pc.

1. Matikan samsung J5 kalian, lalu tekan dan tahan tombol volume up + power + home

Kombinasi tombol untuk Masuk recovery mode

Kenapa harus dimatikan? Sebab kita akan melakukan flash samsung J5 pada saat android sedang off. Jika sudah off kalian tekan tombol seperti diatas untuk masuk ke menu recovery mode (gambar ada pada langkah berikutnya). Jika kalian gagal memasuki menu ini, kalian ulangi langkah ini sampai muncul menu tersebut. Jika sudah muncul, kalian lepaskan tombol tersebut.

2. Pilih menu wipe data/factory reset

Tampilan menu recovery mode

Pada menu ini, kalian tidak bisa menggunakan layar samsung J5 kalian seperti biasanya. Jadi kalian bisa menggunakan tombol volume up untuk keatas dan volume down untuk kebawah. Jika sudah tepat, kalian tekan tombol power sekali saja. 

3. Pilih menu yes yang hanya tersedia 1

Memilih yes untuk memulai menghapus data

Pada menu kali ini, hanya terdapat 2 plilihan yaitu yes dan no. Pilihan yes dalam menu ini hanya tersedia 1, berbeda dengan no yang berjumlah banyak. Kalian bisa memilih yes dengan cara seperti tadi, yaitu dengan tombol volume up, volume down, dan bila sudah tepat kalian tekan power.

4. Kalian tidak perlu melakukan apapun karena akan berjalan secara otomatis

Otomatis menghapus semua data android

Jika kalian mengikuti instruksi tadi, kalian akan melihat sebuah gambar robot hijau sebagai simbol android dengan gambar pentagon berputar di bagian tubuh robot tersebut. Akan muncul juga gambar loading di bagian bawah robot tersebut dan muncul beberapa tulisan dibawahnya. Proses ini dinamakan proses penghapusan data dan berlangsung lumayan lama. Jadi kalian harus sabar menunggunya. Jika sudah selesai, samsung J5 kalian akan otomatis booting dan samsung J5 sudah seperti baru lagi.

Kesimpulan mengenai cara flash samsung J5


Bagaimana caranya, sangat mudah bukan? Jika kalian mau belajar pasti kalian bisa melakukannya, meskipun kalian baru pertama kali melakukannya, karena pengalaman adalah guru terbaik. Jadi jika kalian sudah berpengalaman, kalian akan mudah dalam melakukan hal semudah ini.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara flash samsung J5 tanpa pc. Share artikel ini jika kalian merasa artikel ini bermanfaat serta tentunya akan membantu admin juga. Bagaimana dengan kalian, tulis hasilnya di komentar. Jangan lupa kunjungi artikel saya yang lain juga.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Response to "Cara mudah flash samsung J5 cocok bagi pemula"