Inilah cara flash lenovo a369i kurang dari 10 menit!!! | 4ndroidinfo

Inilah cara flash lenovo a369i kurang dari 10 menit

Assalamu'alaikum wr.wb.

Cara flash lenovo a369i – lenovo merupakan produk yang mulai populer di indonesia. Itu disebabkan karena lenovo sekarang sedang mengeluarkan produk terbaik mereka yang mampu bersaing dengan merk android lain. Salah satu produk andalan lenovo yaitu lenovo a369i yang digemari oleh para remaja maupun orang dewasa.

Tampilannya yang elegan membuat para pecinta android mengincar merk ini. Harganya yang sesuai dengan kantong masyarakat indonesia juga menjadi penyebab banyaknya peminat lenovo a369i. Selain harganya yang murah, lenovo a369i juga memiliki kualitas yang cukup memuaskan sehingga kita bisa menggunakan sepuasnya, terutama untuk para remaja yang digunakan untuk bermain game maupun chating.

Namun kita ketahui bersama bahwa setiap android pasti memiliki masalah yang hampir sama, begitu juga bagi lenovo a369i. Meskipun kualitasnya sudah baik tetapi tetap saja ada masalah. Kesalahan memang ada sebab tidak ada yang sempurna, yang membuat juga manusia pasti punya kesalahan juga, buktinya samsung merupakan produk paling laris walaupun sering terjadi masalah dalam penggunaan samsung tersebut. Jadi kalian tidak perlu menyesal ketika membeli lenovo a369i, karena saya sudah menyiapkan cara jika lenovo a369i kalian bermasalah.

Sebelumnya saya mau tanya dulu ke kalian, kalian baca artikel ini untuk mencari cara memperbaiki lenovo a369i kalian kan? Maka dari itu, baca artikel ini sampai selesai agar kalian tidak bingung dalam melakukannya nanti. Cara yang kita gunakan pada kesempatan kali ini yaitu menggunakan cara flash. Karena yang kita bahas kali ini merupakan jenis lenovo a369i, maka kita akan membicarakan tentang cara flash lenovo a369i. Sebelum melangkah lebih jauh, lebih baik kita jelaskan satu demi satu.

Apa itu flash?


Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para pemula yang belum mengenal jauh tentang android, tetapi tenang saja sebab akan saya jelaskan juga dari awal. 

Flash merupakan cara mengembalikan android kalian jadi seperti sediakala dengan cara menghapus semua data yang ada pada android tersebut. Setelah kalian melakukan flash maka android kalian sudah fresh lagi. Ini merupakan pengertian menurut pendapat saya, mungkin sedikit berbeda dengan pendapat orang lain tetapi intinya sama.

Masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan melakukan flash lenovo a369i


Banyak yang bisa diperbaiki ketika kita melakukan flash pada lenovo a369i kita. Contohnya yang paling sering terjadi yaitu lenovo sedang mengalami bootloop (hanya terlihat logo android saja dalam proses booting), android sedang blank (layar jadi putih semua), hang, kalian lupa password android, dan masih banyak lagi masalah yang lain.

Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan flash lenovo a369i


Sebelum melakukan flash pada lenovo a369i kesayangan kalian, alangkah baiknya kalian lakukan hal ini sebelum memulai langkah pertama. Hal tersebut yaitu : 


1. Backup data dahulu agar data aman

Backup data yaitu menyimpan data dalam android kalian sehingga kalian bisa menggunakan data yang ada seperti sebelum melakukan flash. Kalian sudah baca kan pengertian flash (baca lagi jika lupa), disitu tertulis bahwa data akan dihapus ketika melakukan proses ini. Jadi backup data merupakan hal yang perlu dilakukan bagi kalian lakukan. Sebagai catatan, data yang akan hilang merupakan data aplikasi dan semua yang berada pada android, jadi data yang tersimpan dalam akun seperti facebook dan sosmed lain tidak akan hilang. Jika kalian tidak ingin mengembalikan data kalian karena alasan tertentu seperti terdapat virus dalam aplikasi tetapi tidak bisa kita ketahui, kalian tidak perlu lakukan hal ini.

2. Pastikan daya baterai lenovo kalian memiliki daya yang cukup

Maksud cukup disini yaitu lenovo a369i kalian memiliki daya sekitar 80%. Hal ini perlu dilakukan agar terjadi hal yang tidak diinginkan ketika dalam proses flash. Jadi sebaiknya kalian lakukan hal tersebut supaya bisa berjalan dengan lancar. Jika lenovo a369i kalian tidak memungkinkan untuk melihat daya baterai seperti karena bootloop, blank ataupun sebab lainnya, kalian tidak perlu lakukan hal ini.

3. Lepas kartu memori (memory card) dan kartu sim (sim card)

Hal ini perlu dilakukan agar bisa mengurangi data yang akan hilang. Jika kalian tetap memasang kedua kartu tersebut, maka data dalam kartu tersebut juga akan ikut hilang dalam proses ini.

Cara yang digunakan untuk melakukan flash lenovo a369i


Jika kalian melihat di internet, akan banyak tersedia cara untuk melakukan flash pada lenovo a369i kalian. Cara yang saya berikan merupakan salah satu cara yang termudah untuk kalian lakukan sebab hanya terdapat 4 langkah dalam melakukannya. Cara yang saya gunakan yaitu yang tanpa pc.

Saya memilih cara ini karena kalian tidak akan ribet dalam melakukannya sebab kalian hanya menyiapkan lenovo milik kalian saja, berbeda jika kalian menggunakan pc maka kalian perlu menyiapkan pc, kabel khusus untuk menyambungkan dengan pc, dan software yang harus tersedia. Jika kalian lakukan hal ini dengan baik, maka kalian bisa menyelesaikannya dalam waktu kurang dari 10 menit, cepat kan?

Pada langkah melakukan flash nanti, kalian akan sering membaca perintah tekan dan juga perintah tahan. Pastikan kalian bisa membedakannya. Jika tekan berarti kalian hanya menekan sekali saja dalam waktu singkat, sedangkan tahan berarti kalian harus menahannya dahulu sampai beberapa detik. Jika kalian sudah paham, kalian bisa memulai langkahnya.

Langkah langkah melakukan flash lenovo a369i


Akhirnya kita sampai juga ke inti pembahasannya? Namun sebelum kalian melakukan flash pada lenovo a369i kalian, lebih baik kalian penuhi dulu syarat yang sudah ditulis diatas tadi pada bagian hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan flash lenovo a369i (jika belum baca, kalian bisa baca di bagian atas)

Berikut merupakan cara flash lenovo a369i tanpa pc : 

1. Nonaktifkan lenovo a369i kalian lalu tekan dan tahan tombol volume up + volume down + power secara bersamaan setelah lenovo mati secara sempurna

Kombinasi tombol untuk masuk recovery mode

Apa maksudnya sampai lenovo mati secara sempurna? Maksudnya yaitu kalian lakukan kombinasi tombol tersebut ketika lenovo a369i sudah jelas dalam kondisi off. Jika sudah secara sempurna kalian tekan dan tahan tombol tadi secara bersamaan. Jika muncul menu recovery maka kalian berhasil, tetapi jika yang muncul merupakan tampilan awal lenovo a369i seperti biasa, kalian ulangi langkah ini dari awal. Jika muncul tampilan no command, kalian tekan power sekali saja.

2. Pilih wipe data/factory reset

Memilih wipe data pada recovery mode

Menu ini merupakan menu tampilan recovery mode. Kalian bisa mengatur data dalam android kalian melalui menu ini. Kalian pilih wipe data/factory reset untuk melanjutkan proses ini. Layar tidak akan berfungsi sebagai touchscreen pada menu ini, jadi kalian harus memakai cara lain. Caranya yaitu dengan menekan volume up untuk keatas dan volume down untuk kebawah. Jika sudah tepat pada pilihan wipe data, kalian bisa tekan power sekali saja.

3. Pilih yes – delete all user data

Memilih yes

Pada langkah ini, kalian hanya dapat melihat 2 pilihan saja yaitu yes dan no. Kalian pilih yes untuk melanjutkan langkah ini. Seperti biasa, kalian bisa memilihnya menggunakan cara seperti pada langkah sebelumnya (baca lagi jika lupa). 

4. Tunggu saja sampai proses selesai, maka lenovo a369i akan booting secara otomatis

Memulai penghapusan data dan penginstalan ulang lenovo a369i

Pada langkah ini, kalian tidak perlu melakukan apapun. Kalian hanya menunggu saja sampai proses ini selesai maka setelah selesai lenovo a369i kalian akan booting dengan sendirinya. Waktu untuk proses ini juga lumayan lama, jadi kesabaran akan diuji pada tahap ini dan pastikan kalian jangan cemas ketika menunggu.

Akhir kata tentang cara flash lenovo a369i


Bagaimana menurut kalian, sangat mudah bukan? Share artikel ini jika memang berguna bagi kalian. Kalian bisa memilih sosial media mana yang akan kalian share dibawah. 

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai cara flash lenovo a369i. Jangan lupa kunjungi juga artikel saya yang lain dan jangan lupa tulis pendapat kalian tentang artikel ini di komentar.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 Response to "Inilah cara flash lenovo a369i kurang dari 10 menit!!! | 4ndroidinfo"