Hp sobat cepat panas? Mungkin sobat belum coba 7+ cara mengatasi hp panas ini

Cara mengatasi hp panas

Assalamualaikum wr.wb.

Cara mengatasi hp panas – hp yang panas memang sangat mengganggu aktifitas kita ketika menggunakan hp Android tersebut. Namun kalian sekarang akan mampu untuk mengatasi masalah tersebut.

Hampir semua pengguna Android merasakan Androidnya yang panas ketika digunakan, terutama pengguna Android tanah air termasuk sobat.

Hp panas sebenarnya wajar terjadi sebab semuanya pasti ada batas kemampuannya. Ketika Android tersebut sudah melampaui batas kemampuannya, maka Android tersebut akan panas.

Namun sebenarnya masih banyak penyebab Android sobat jadi panas. Penyebabnya bisa kalian perhatikan dibawah.

Penyebab hp Android panas


Sudah saya singgung tadi kalau penyebabnya bukan hanya satu saja. Saya akan memberikan beberapa penyebabnya yang saya ketahui. Penyebabnya diantaranya yaitu :

1. Penggunaan hp Android yang berlebihan

Saya juga sudah menyinggungnya tadi di awal. Jika sobat menggunakan Android tersebut dalam waktu yang lama, maka bukan lagi sebuah keanehan jika Android sobat panas. Jika sobat memakai secara terus menerus, maka Android akan bekerja sangat keras hingga menimbulkan panas yang berlebihan.

2. Menggunakan sinyal yang tidak stabil

Mungkin ini tidak masalah bagi sobat yang tinggal di kota, tetapi ini menjadi sebuah masalah jika sobat tinggal di daerah pelosok (seperti saya). Ketika sinyal yang kita bidik berada di luar jangkauan wilayah tersebut, maka Android akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal tersebut dari biasanya. Inilah yang menyebabkan Android sobat jadi cepat panas.

3. Aplikasi yang masih berjalan di background

Banyak pengguna Android yang lebih suka menutup aplikasi menggunakan tombol tengah (home). Sebenarnya hal tersebut bukanlah menutup sebuah aplikasi, justru aplikasi tersebut akan sudah jalan di background. Ketika semua aplikasi tersebut berjalan secara bersamaan, maka sudah dipastikan kalau Android kalian akan panas.

4. Menggunakan Android ditempat panas

Ternyata penyebab Android panas bukan hanya berasal dari Android tersebut saja, melainkan ada faktor luar juga, seperti yang satu ini. Ketika Android berada di tempat panas memungkinkan hp tersebut ikut panas juga (ikutan trend hehehe...).

5. Baterai Android yang sudah rusak

Prinsipnya hampir sama dengan yang tadi. Ketika baterai sudah rusak maka akan menjadikan mesin Android jadi ikutan rusak. Jika mesin tersebut rusak maka sudah dipastikan kalau Android kalian akan cepat panas.

6. Kondisi hp yang sudah usang

Yang ini tidak perlu saya jelaskan lagi sebab sudah saya sebutkan tadi diatas. Intinya jika hp sudah rusak maka mesin Android tersebut akan menghasilkan panas yang berlebihan.

7. Kualitas Android tersebut

Ini bukanlah sebuah kesalahan, melainkan asli dari pihak pabrik merek tersebut. Kadang2 beberapa merek Android dalam negeri lebih cepat panas daripada merek Android dari luar negeri.

Itu merupakan sekilas dari penyebab Android sobat jadi panas. Untuk solusinya bisa sobat baca lagi di bawah.

Solusi hp Android yang cepet panas


Ada beberapa solusi yang akan saya berikan kepada sobat. Gak perlu lama2, kita mulai saja cara mengatasi hp panas :

1. Gunakan charger original

Gunakan charger original

Kalian jangan mudah tergiur dengan harga charger yang murah di luar sana. Pastikanlah selalu menggunakan charger yang ori agar hp sobat gak cepet panas dan Baterai sobat juga jadi awet.

2. Gunakan sinyal yang terjangkau di wilayah sobat 

Gunakan sinyal yang terjangkau

Tadi saya sudah berikan informasi mengenai masalah ini, jadi saya gak perlu lagi ngasih penjelasannya. Untuk cara mengganti sinyal, pasti kalian udah tau sendiri caranya.

3. Jangan gunakan hp sobat di tempat panas 

Jangan gunakan hp sobat di tempat panas

Kalian bisa gunakan Android kalian di tempat yang sejuk atau setidaknya di tempat yang teduh. Ingat!!! Jangan gunakan hp sobat di dekat api maupun di tempat yang menimbulkan panas. Ini juga bertujuan agar hp kalian gak meledak karena kepanasan.

4. Lepaskan pelindung hp (silikon) 

Lepaskan pelindung hp

Meskipun silikon itu penting agar hp kalian gak lecet, tapi silikon tersebut bisa memantulkan panas. Jika hp kalian dalam kondisi panas, maka panas tersebut akan dipantulkan kembali ke hp sobat. Bila perlu, lepas juga tutup bagian belakang baterai biar cepet dingin.

5. Biarkan Android sobat beristirahat 

Istirahatkan hp

Sama halnya dengan manusia, Android pun membutuhkan istirahat. Setidaknya kalian biarkan Android kalian beberapa jam agar performa kembali lagi sekaligus menurunkan suhu pada Android sobat. Jika sobat gunakan Android secara terus menerus, maka Android sobat kemungkinan juga akan jadi mengalami masalah baru seperti Android jadi lemot.

6. Nonaktifkan wifi, blootooth, GPS, dan koneksi data jika tidak digunakan

Nyalakan mode pesawat

Mungkin ini hal yang sepele, tetapi jika kalian biarkan saja hal tersebut, maka Android kalian akan cepat panas. Buat tambahan, kalian bisa aktifkan mode pesawat agar Android sobat bisa lebih cepat dingin sekaligus jadi hemat baterai.

7. Ganti baterai sobat jika dalam kondisi rusak

Lepas dan ganti baterai

Sobat pasti tau kan seperti apa kalau baterai rusak? Jika baterai rusak kan jadi cepet panas. Alangkah baiknya kalau sobat ganti baterai tersebut jika udah rusak. Sobat juga harus usahakan untuk menggantinya dengan yang ori.

Tambahan :

8. Jangan gunakan hp sobat saat di charger

Jangan gunakan hp sobat ketika di charger

Ketika hp sobat sedang di charger, dimakan dulu sampai baterai penuh, sebab ketika Android tersebut di charger maka akan timbul panas dan panas tersebut akan lebih parah lagi jika sobat sambil menggunakannya.

Gimana sobat, udah dingin belum Androidnya? Udah lebih baik kan dari sebelumnya?

Itu aja yang saya kasih buat sobat mengenai cara mengatasi hp panas. Jangan lupa tinggalkan jejak sobat dikomentar, serta sampai jumpa lagi di artikel saya yang lain.
Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb. 

1 Response to "Hp sobat cepat panas? Mungkin sobat belum coba 7+ cara mengatasi hp panas ini"

gaga arizona said...

mantap ini.. makasih ilmunya sudah dishare disini
solder uap