Cara mudah untuk mengubah sinyal Android dari 3G ke 4G dalam hitungan menit saja!

Assalamualaikum wr.wb.

Cara mengubah 3G ke 4G – Di jaman sekarang, Internet semakin berkembang pesat, termasuk Indonesia.

Perkembangan tersebut baik berupa perangkat (mayoritas memakai Android) yang digunakan maupun kecepatan internetnya (dalam hal ini berhubungan dengan sinyal).

Pasti sobat semua udah punya kan Android yang support 4G? Itulah sinyal tercepat sampai detik ini. Namun ada 2 masalah yang sering terjadi.

Wilayah tidak mendukung sinyal 4G.

Belum tau cara mengganti sinyal 3G ke 4G. 

Pembahasan kali ini kita akan fokus ke masalah yang ke 2.

Sangat disayangkan jika kita belum memanfaatkan teknologi ini karena ketidaktahuan kita. Maka sudah sepantasnya kita harus belajar dan belajar. Jangan sampai kita gak tau Tekno yang dikembangkan saudara kita sendiri.
Cara mengubah 3G ke 4G

Mengubah sinyal Android dari 3G ke 4G bisa kalian lakukan dengan 2 metode. Semua metode bisa sobat lakukan tanpa instal apapun.

Namun sebelum sobat memulainya, alangkah baiknya jika sobat tau dulu syarat yang harus sobat penuhi.

Syarat agar bisa mengubah sinyal 3G ke 4G 


Syarat yang harus sobat penuhi sangatlah sederhana. Tidak ada trik rahasia. Syarat tersebut ada 3.

1. Gunakan hp Android yang sudah support 4G 


Syarat ini pastinya sudah sobat penuhi, terutama bagi Android lovers yang sering gonta ganti Androidnya. Jadi gak usah saya jelasin panjang kali lebar kali tinggi lagi oke!

2. Gunakan kartu sim yang support 4G 


Syarat ini juga pastinya udah sobat penuhi. Kartu sim sekarang ini sudah support 4G, walaupun kecepatan dan jangkauannya yang berbeda. Pilihlah kartu dengan kekuatan sinyal terbaik bagi sobat.

3. Pastikan wilayah sobat sudah support 4G 


Ini dia masalah di Indonesia sampai saat ini. Tidak akan jadi masalah jika sobat tinggal di daerah kota besar. Tetapi tidak bagi sobat yang tinggal di daerah pelosok. Jadi jangan sobat pastikan dulu wilayah yang sobat tempati memiliki jangkauan sinyal yang bagus atau tidak.

Nah gimana sob, udah dipenuhi semua belum? Gimana kalau kita langsung aja meluncur ke tkp? Setuju? Oke kita mulai saja sekarang.

Cara mengganti sinyal 3G ke 4G 


Gak perlu lama2 (sobat pun udah lelah kan baca dari tadi) kita mulai aja caranya.

Berikut merupakan cara mengganti sinyal 3G ke 4G :

Metode 1


Metode yang ini merupakan metode melalui pengaturan yang ada di hp sobat. Jadi mungkin bisa berbeda dengan hp yang sobat miliki. Berikut langkah langkahnya.

1. Pilih menu lainnya/selengkapnya di pengaturan

Tekan selengkapnya pada pengaturan
Karena saya pake yang bahasa Indonesia, jadi pilihannya begitu. Tetapi jika sobat pake yang bahasa inggris, menu pilihannya menjadi more.

2. Pilih jaringan seluler

Pilih jaringan seluler

Akan tampil pilihan ini yang semuanya berhubungan dengan jaringan Android. Sobat pilih saja jaringan seluler untuk melanjutkan cara ini.

3. pilih jenis jaringan yang dipilih

Ganti sinyal ke LTE ONLY atau otomatis

Karena kita akan menggantinya menjadi 4G, maka sobat memilih jaringan 4G only (sama dengan LTE only). Kebetulan karena Android yang saya pakai tidak tersedia pilihan 4G, maka saya pilih otomatis.

5. Selamat... Hp sobat sudah bisa memakai sinyal 4G 


Apakah sobat berhasil melakukannya? Ingat!!! Setiap Android memiliki menu pengaturan yang berbeda, jadi sobat harus bisa “nalar” sendiri. Namun karena kita mengatur ya ke otomatis (kecuali yang Terdapat pilihan LTE ONLY) berarti sinyal 4G tersebut tidak terkunci. Jadi kadang bisa berubah sendiri ke 3G. Masih belum jadi? Jangan pergi dulu, sebab masih ada 1 cara lagi. Baca lagi yaaa...

Metode 2 


Metode ini juga memakai menu pengaturan, tetapi pengaturan ini tersembunyi. Perlu kode khusus untuk memasukinya. Untuk cara yang ini, sobat akan tetap merasakan sinyal 4G LTE sebab sinyal yang akan kita pilih akan di kunci. Belum tau kodenya? Baca terus caranya oke!

1. Ketik *#*#4636#*#* pada aplikasi telepon/call

Ketik *#*#4636#*#* di aplikasi telepon/call

Ini dia kodenya. Kode tersebut bisa sobat gunakan ketika dalam aplikasi telepon/call bawaan Android. Gambarnya tidak saya tambah * dibagian akhir karena ketika saya masukan, maka otomatis akan muncul tampilan baru. Kalian tetap tambahkan kode * pada kotak tersebut.

2. Pilih informasi telepon 

Pilih informasi telepon

Muncul tampilan baru kan? Nah akan ada beberapa pilihan pengaturan yang tersedia. Sobat pilih saja informasi telepon yang ada pada bagian atas sendiri.

3. Tekan seperti yang ada pada gambar dibawah

Ganti ke LTE ONLY

Kalian scroll (geser) kebawah hingga menemukan tampilan seperti diatas. Tekan saja dan akan muncul pop up pilihan jaringan. Kalian scroll lagi ke bawah hingga menemukan LTE only, lalu pilih pilihan tersebut.

4. Selesai... Android sobat sudah bisa akses jaringan 4G 


Gimana, udah jadi kan? Saya yakin udah jadi lah. Namun jika masih belum jadi juga, sobat periksa lagi apakah sudah terpenuhi semua syarat tadi atau belum. Jika sudah terpenuhi pastinya cara ini berhasil.

Penutupan 


Hmmm... Kayaknya kita cuma bisa bertemu sampai sini doang sob. Kalau pengen ketemu lagi sobat bisa baca artikel sya yang lain oke!

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan mengenai cara mengganti sinyal 3G ke 4G di Android. Jangan lupa tuk tinggalkan jejak sobat dikomentar.
Terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb. 

1 Response to "Cara mudah untuk mengubah sinyal Android dari 3G ke 4G dalam hitungan menit saja! "

solder uap said...

keren min, makasih tutprialnya
solder uap