Pengertian Android beserta ciri2, kelebihan dan kekurangannya

Saat ini teknologi informasi berkembang dengan cepat. Banyak peralatan yang diciptakan untuk membantu manusia dalam mengerjakan tugasnya. Peralatan yang paling sering digunakan yaitu smartphone.

Sesuai dengan namanya, smartphone berarti telepon pintar. Kenapa? Karena smartphone bisa melakukan beberapa pekerjaan yang bisa membantu kita untuk menyelesaikannya.

Sistem operasi yang digunakan smartphone itu bermacam macam. Ada syimbian, Windows, Android, ios, dan lainnya. Smartphone yang akan kita bahas yaitu Android.

Apa itu Android?


Banyak yang salah kaprah dalam mengartikan Android. Mereka mengira bahwa Android adalah jenis smartphone. Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Android itu hanyalah sebuah sistem operasi.
Pengertian Android

Android merupakan sistem operasi terbuka yang berbasis kernel Linux dan hanya digunakan sebagai sistem operasi smartphone dan tablet. Android dikembangkan oleh Android Inc yang mendapat dukungan penuh dari Google Anansial walaupun akhirnya dibeli pada tahun 2005.

Sistem operasi Android akhirnya diresmikan pada tahun 2007 bersamaan dengan berdirinya Open Handset Alliance Konsorsium Hardware, Software dan perusahaan telekomunikasi untuk memajukan standar perangkat seluler.

Perkembangan sistem operasi Android


Smartphone pertama kali yang menggunakan sistem operasi Android yaitu smartphone HTC Dream pada tanggal 22 oktober 2008. Pada saat itu, Android masih seperti hp jadul, yaitu menggunakan keyword fisik (lihat gambar dibawah)
HTC Dream

Semakin lama ternyata Android memiliki jumlah pengguna yang sangat meningkat tajam. Karena itulah banyak perusahaan yang mengembangkan smartphone dengan sistem operasi Android.

Android juga memiliki banyak versi yang menggunakan nama makanan manis pada setiap versinya. Sampai saat ini, versi yang paling tinggi yaitu versi Android Oreo. Kemungkinan besar nantinya pasti akan ada update lagi.

Baca juga : urutan versi Android, 2 diantaranya pasti belum kalian ketahui

Akhirnya setelah beberapa lama bersaing di pasaran smartphone, Android mampu memasuki peringkat pertama melebihi sistem operasi yang sudah ada sebelum Android muncul.

Keberhasilan tersebut ternyata bukan karena suatu kebetulan, melainkan Google Inc lah yang menjadi dalang dibalik keberhasilan Android.

Semakin lama, Android semakin meningkatkan fiturnya. Fitur yang lengkap disertai harga yang cukup terjangkau merupakan suatu daya tarik tersendiri bagi Android.

Sampai saat ini, Android masih menjadi smartphone yang merajai pasaran smartphone terutama di Indonesia dari yang low-end sampai yang high-end.

Android memiliki sebuah simbol khusus layaknya sistem operasi lainnya. Jika pada ios itu menggunakan logo apel, maka Android menggunakan logo robot hijau dengan 2 antena di kepalanya.
Logo Android

Tentu saja ada maksudnya..... 

Android ingin menjelaskan kepada kita bahwa Android merupakan sistem operasi kelas atas. Sehingga kita tidak boleh meremehkannya. Dan ternyata itu terbukti dengan fiturnya yang cukup menarik perhatian.

Ciri ciri dari sistem operasi Android 


Android memiliki beberapa ciri2 yang mudah dikenali ketika disandingkan dengan sistem operasi lainnya.

Umumnya Android memiliki aplikasi bawaan yang menggunakan nama Google dalam aplikasi tersebut. Selain itu, ketika kalian nyalakan juga akan terlihat logo Android ataupun merek dari Android tersebut.

Kalian pasti tau sendiri kan merek dari Android itu apa saja. Yang pasti, merek Nokia bukanlah Android.

Kita juga memerlukan akun Gmail untuk mengakses banyak fitur Android tersebut. Selain itu, Android juga merupakan sistem operasi untuk smartphone touchscreen dengan 3 tombol bagian bawah, yaitu menu, home, dan back.

Kelebihan sistem operasi Android 


Android bukanlah satu-satunya sistem operasi smartphone. Masih banyak lagi sistem operasi lainnya. Maka dari itu, Android berusaha agar banyak yang tertarik dengan sistem operasi tersebut.

Caranya yaitu dengan memberikan keunggulan dari Android tersebut. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Android dibandingkan yang lain. Kelebihan tersebut diantaranya yaitu :


  • Sangat mudah digunakan oleh siapapun baik itu anak kecil, remaja, bahkan dewasa pun bisa menggunakannya. 
  • Bisa digunakan dimanapun kalian berada dan kapanpun waktunya serta mudah untuk dibawa kemana saja
  • Mudah dalam mendapatkan pemberitahuan dari email, Facebook maupun sosial media lainnya karena terdapat fitur notifikasi
  • Tersedia ribuan bahkan jutaan aplikasi yang bisa kalian instal baik berupa gratis maupun berbayar di google playstore (toko aplikasi dan game milik Android dan Google). 
    Toko aplikasi dan game android
  • Karena sistem operasi terbuka, maka kita bisa mengembangkan Android semau kita, seperti menggunakan costom rom. 
  • Tampilannya juga menarik seperti terdapat kesan halus dan lembut dengan penggunaan warna yang sesuai
  • Dan yang paling penting yaitu harganya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan sistem operasi lainnya


Sebenarnya masih banyak kelebihan dari sistem operasi Android. Namun yang paling menonjol yaitu yang sudah saya sebutkan diatas.

Kekurangan sistem operasi Android 


Namun Android juga memiliki beberapa kekurangan yang sering membuat kita jengkel. Sebenarnya kekurangan tersebut merupakan hal yang wajar karena tidak ada yang sempurna. Namun tidak ada salahnya jika saya bahas juga disini.

Kekurangan tersebut diantaranya yaitu :


  • Baterai Android lebih cepat habis karena spesifikasi baterai yang digunakan tidak terlalu tinggi. 
    Baterai Cepat habis
  • Beberapa merek Android biasanya lebih cepat panas jika digunakan secara terus menerus. Namun kalian masih bisa mengatasinya dengan melakukan Tips mengatasi hp panas.
  • Sering lemot ketika digunakan bahkan sampai nge-LAG karena RAM yang tidak begitu memadai. Namun kalian juga masih bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara untuk mengatasi hp lemot.
  • Banyak Android yang tidak bisa melakukan upgrade versi, jika bisa juga hanya naik 1 tingkat dan Itu pun sangat ribet 
  • Mudah terserang oleh virus yang dapat merusak sistem Android


Jika dibandingkan antara kelebihan dan kekurangannya, maka Android sangatlah pantas untuk kalian pertimbangkan. Tapi itu terserah kalian.

Itulah pengertian dari Android serta ciri2, kelebihan, dan kekurangan yang dimilikinya. Apa ada pendapat lain? Silahkan luangkan waktu kalian untuk memberikan pendapat di komentar.

Terima kasih.

0 Response to "Pengertian Android beserta ciri2, kelebihan dan kekurangannya"